yayasanhadjikalla.or.id; Makassar – Bidang Educare Yayasan Hadji Kalla bersama dengan TIM BP PAUD Makassar melakukan kunjungan supervisi dan pendampingan dalam Program PAUD Terakreditasi dan Mandiri di PAUD Al-Ikhlas, Pulau Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar pada Ahad, 21 November 2021

Adapun permasalahan yang dihadapi oleh PAUD ini adalah; Kurangnya pengetahuan dari SDM dan pengelola PAUD dalam melakukan tata kelola satuan PAUD berbasis Standar Nasional Pendidikan. Selait itu, satuan PAUD belum memahami kebijakan dan mekanisme akreditasi PAUD yang tekah diregulasi, adapula masalah terkait jumlah peserta didik yang terbatas dan kurangnya fasilitas alat permainan edukatif yang bisa mendorong berkembangnya proses pembelajaran di PAUD Al-Ikhlas Lakkang.

Menurut Syafei Karsali, selaku Officer Bidang Educare; Yayasan Hadji Kalla yang turun langsung dalam proses pendampingan tersebut, diharapkan bahwa Satuan PAUD terbelakang memiliki motivasi dan memenuhi persyaratan untuk mengajukan akreditasi PAUD. “Kita berharapa bahwa Satuan PAUD di sini bisa memahami dan mengetahui teknik pengisian  instrumen Penilaian Prasyarat Akreditasi. Kemudian mereka bisa semakin tumbuh, berkembang, dan mandiri. Dengan penjaminan mutu dan akreditasi PAUD, diharapkan masyarakat sekitar PAUD semakin banyak yang menyekolahkan putra-putrinya di PAUD Al-Ikhlas ini.” Tandasnya.

Dalam kunjungan ini, turut hadir para implementor dari pihk BP PAUD Kota Makassar, di antaranya;            Muh. Ridwan, S.Ag., M.M. (Ketua BAN PAUD & PNF Sulsel), Dr. Dra. Hj. Herlina Hasan, M.Pd. (Sekretaris BAN PAUD & PNF Sulsel), Ir. Andryani Akib, M.Pd. (Komisi SIMA BAN PAUD & PNF Sulsel), serta Hj. Kalsum Arief, S.Ag. (Kepala Sekolah PAUD Al-Ikhlas Lakkang), dan H. Djamaluddin (Ketua RW 2 Kelurahan Lakkang).

Sebelum tiba di lokasi, Tim Supervisi, harus menyeberang sungai selama kurang lebih 20 menit menggunakan perahu kayu.

Saat pertama kali tiba, Tim Supervisi langsung disambut oleh Bapak Ketua RW 2 Kelurahan Lakkang di rumah kediaman beliau. Hadir juga Ibu Kepala Sekolah PAUD Al-Ikhlas Lakkang. Tim Supervisi menanyakan perihal sejarah berdirinya PAUD, jumlah guru dan murid, status kepemilikan tanah/tempat PAUD, dsb.

Setelah berbincang-bincang secara singkat, Tim Supervisi didampingi Ibu Kepala Sekolah PAUD dan Ketua RW kemudian menuju lokasi PAUD yang terletak di samping rumah Bapak Ketua RW untuk meninjau kelengkapan dokumen PAUD, sarana belajar, media pembelajaran, dan alat permainan yang dimiliki.

Muh Ridwan selaku Ketua BAN PAUD & PNF Sulsel menyatakan bahwa Program PAUD Terakreditasi dan Mandiri ini merupakan salah satu program Yayasan Hadji Kalla di bidang pendidikan yang membawa dampak positif untuk banyak PAUD di Kota Makassar, terutama yang belum mendapatkan pengakuan dan akreditasi. “Ada 13 PAUD terpilih di kota Makassar yang akan dilatih dan didampingi dengan harapan bisa meningkatkan pengetahuan SDM PAUD terkait tata kelola satuan PAUD berbasis SNP (Penjaminan Mutu PAUD), kita juga berharap bahwa setiap PAUD yang kita dampingi, memiliki motivasi dan siap untuk mengajukan akreditasi PAUD, hingga berdampak pada  meningkatnya jumlah peserta didik yang  belajar di satuan PAUD.” Pungkasnya.

Sementara itu, Hj. Kalsum selaku Kepala Sekolah PAUD Al-Ikhlas Lakkang menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Hadji Kalla atas kepeduliannya kepada PAUD yang Ia bina. “Mudah-mudahan PAUD kami bisa cepat mendapatkan akreditasi sehingga bisa berdampak pada peningkatan kualitas layanan pendidikan kami, warga juga semakin percaya untuk bisa menyekolahkan anaknya di tingkat PAUD. Saat ini peserta didik kami hanya 15 orang, padahal PAUD Al-Ikhlas ini merupakan satu-satunya PAUD yang ada di Kelurahan Lakkang.” Jelasnya.

Program ini akan terus berlanjut untuk memberikan pendampingan pada beberapa sekolah PAUD lain hingga bisa menjadi mandiri dan memiliki kompetensi yang baik.

(Syf/Br)