Yayasanhadjikalla.or.id; Makassar, 4 Juni 2023 – Mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam SRE (Society of Renewable Energy) inisiasi Gerakan Bagi Pohon yang dilaksanakan pada car free day, Jl. Jenderal Sudirman, Kota Makassar, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Acara ini diinisiasi oleh SRE (Society of Renewable Energy) chapter Unhas ini bertemakan AKSILIBRASI BUMI (Aksi Asri Kalibrasi Bumi) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan.

Mahasiswa dengan semangat dan kebersamaan berkumpul di tengah keramaian car free day untuk mengikuti kegiatan Gerakan Bagi Pohon. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa yang memiliki komitmen untuk mengambil tindakan nyata dalam melestarikan alam dan mengatasi isu deforestasi yang semakin mengkhawatirkan.

SRE chapter Unhas ini adalah salah satu lembaga yang programnya didukung oleh Yayasan Hadji Kalla melalui bantuan Aktif Positif 2023, di mana program tersebut telah banyak mendukung berbagai kegiatan lembaga, komunitas dan organisasi yang mengerjakan berbagai isu di lingkup sosial, kesehatan dan lingkungan.

Dalam rangkaian acara ini, SRE Unhas yang didukung oleh Yayasan Hadji Kalla melakukan pembagian pohon produktif di sepanjang area car free day Sudirman. Setiap anggota SRE turut berperan aktif dalam proses pembagian pohon dan edukasi kepada masyarakat terkait masalah iklim, mulai dari mempersiapkan informasi kondisi iklim, hingga berbagai gerakan yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk menangkal isu tersebut, salah satunya dengan menanam bibit pohon produktif. Selain itu, para mahasiswa juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan dampak positif dari penanaman pohon.

“Gerakan Aksilibrasi Bumi ini juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat di acara car free day hari ini. Masyarakat kami ajak untuk berpartisipasi dalam penanaman pohon, kami membagikan bibit pohon jambu secara gratis yang kami ambil langsung dari pusat persemaian bibit di Parangloe, Gowa. Total ada 100 bibit yang kami bagikan dan bagi para pengunjung CFD yang mengikuti akun sosial media SRE, akan kami berikan hadiah berupa totebag daur ulang. Dengan cara ini, diharapkan gerakan ini dapat menyebarluaskan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam. Apresiasi dan terima kasih tentunya kami sampaikan kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah mendukung kegiatan kami ini lewat pendanaan di program Aktif Positif.” Jelas Salsa Syahrani, Ketua Panitia Kegiatan Aksilibrasi Bumi.

Imran Kasim salah seorang warga menyampaikan bahwa, “Sebagai warga Kota Makassar, saya merasa sangat beruntung dan senang mendapatkan bibit pohon gratis dari program ini. Inisiatif ini menunjukkan kepedulian dan komitmen kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Dengan menanam pohon, kita tidak hanya memberikan manfaat bagi alam, tetapi juga menciptakan udara yang lebih segar, mengurangi polusi, dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sejuk.” Paparnya.

Sementara itu Kurniawan Jaya selaku penanggung jawab program Aktif Positif bahwa, “Melalui gerakan Aksilibarasi Bumi ini, mahasiswa ingin menekankan pentingnya pelestarian hutan dan penghijauan dalam menghadapi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Mereka percaya bahwa dengan aksi nyata seperti penanaman pohon, kita dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan kita dan masa depan generasi mendatang. Hal inilah yang menjadi alasan kita mendukung kegiatan hari ini.” Jelasnya.

(br)