Yayasanhadjikalla.or.id; Makassar – LAZ Hadji Kalla dukung kegiatan pelatihan edukasi plagiarisme yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Islam Makassar (UIM). Pada 15 Juli 2023, di Laboratorium Bahasa UIM, Jl. Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar.

Dengan program Bantuan Kegiatan Aktif Positif, LAZ Hadji Kalla ingin berkontribusi atas terlaksananya kegiatan positif yang dilakukan oleh lembaga dan komunitas di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Proses pemberian bantuan ini rutin dilakukan setiap bulan dan telah membantu ratusan kelompok, organisasi dan komunitas di empat wilayah kerja LAZ Hadji Kalla.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa teredukasi terkait plagiarisme. Dengan menggunakan software Endnote, mereka dilatih untuk menyusun dan mengolah referensi karya ilmiah agar tercipta integritas akademik. Pelatihan ini terbagi ke dalam penyampaian materi/kuliah yang kemudian diikuti dengan praktik langsung oleh mahasiswa dalam menggunakan software endnote. Secara garis besar, para peserta dipandu, belajar tentang, mencari dan mengambil referensi ilmiah dari sumber daring (online) maupun luring (offline), menyimpan referensi ilmiah ke dalam perangkat lunak, dan mengelola serta mengintegrasikan referensi ilmiah yang mereka temukan ke dalam karya ilmiah mereka sendiri.

“Yang sering terjadi di dunia akademik, plagiator (pelaku plagiarisme) kadang tidak tahu bahwa tindakannya masuk ke dalam kategori “mencuri” karya ilmiah orang lain. Banyak orang yang tidak sengaja melakukannya. Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan mereka tentang metode citation atau kutipan atas karya orang lain, baik dalam bentuk in-text citation maupun bibliography. Pelanggaran akademik ini mayoritas dilakukan secara tidak sengaja oleh mahasiswa utamanya dalam proses pengerjaan skripsi mereka. Oleh karenanya, pelatihan manajemen referensi ilmiah berbasis Endnote ini hadir sebagai upaya edukasi dan pencegahan yang diharapkan mampu menjauhkan insan terdidik dari pelanggaran atas hak milik orang lain.” Ujar Ashar, ketua Lab Bahasa UIM.

Selama kegiatan, mahasiswa sangat antusias menyimak dan bertanya apalagi mereka tengah mengerjakan karya ilmiah dalam bentuk skripsi. Bagi mereka, pemahaman tentang plagiarisme dan manajemen kerja ilmiah itu penting, mengingat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mereka dalam mengejar gelar sarjana dan kegiatan penelitian mereka di masa yang akan datang.

Risal Marasno selaku keta panitia kegiatan menyampaikan terima kasihnya kepada LAZ Hadji Kalla karena telah didukung melalui program Aktif Positif. Ia berharap bisa lebih banyak kegiatan yang didukung terkait edukasi mahasiswa guna memberikan pengalaman dan pengetahuan baru di dunia akademik.

Sementara itu Kurniawan Jaya selaku penanggung jawab program Aktif Positif berujar, “Kita sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, di mana para mahasiswa belajar tentang plagiarisme atau yang sering kita dengar dengan istilah copy paste. Lewat kegiatan ini mereka bisa belajar tentang tanggung jawab atas karya yang mereka ciptakan sehingga bisa lebih orisinal. Hal inilah yang menjadi alasan kita mendukung kegiatan hari ini.” Jelasnya.

[br]